Tips Memilih Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi menjadi hal yang paling penting untuk dikonsumsi oleh semua orang. Makanan yang bergizi bukan hanya yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, namun makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Tujuan dianjurkannya makan makanan yang bergizi adalah agar tubuh manusia bisa mendapatkan kandungan gizi dan nutrisi yang tepat sehingga menghasilkan tenaga dan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Apabila dalam keseharian Anda hanya memakan makanan junk food, tentu akan sangat membahayakan bagi tubuh Anda terutama fungsi dari organ tubuh Anda. Ketika salah satu organ tubuh Anda sudah tidak berfungsi secara optimal maka otomatis Anda akan merasakan adanya kendala pada tubuh Anda. Jadi, bagaimana cara untuk memilih makanan yang bergizi bagi tubuh ? Berikut ulasannya:

1. Memilih roti gandum

Selain nasi sebagai karbohidrat utama bagi tubuh, Anda juga bisa menggunakan alternatif yang lain dengan memakan roti gandum. Roti gandum memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Ada trik untuk bisa mengetahui apakah roti gandum yang Anda pilih itu bergizi. Anda bisa mengetahui roti gandum dengan gizi tinggi dan tidak dengan membedakan dari warna. Ketika roti gandum berwarna semakin putih maka akan dapat membahayakan resiko kesehatan Anda. Jadi pilihlah roti gandum dengan warna yang gelap namun tetap terjaga nilai gizinya.

2. Memakan sayuran yang kaya warna

Bukan hanya sayuran hijau saja yang kaya akan gizi. Namun sayuran yang kaya akan warna juga menjadi poin penting dalam Anda menghidangkan serta menyantap makanan tersebut. Selain untuk mempercantik varian masakan Anda, sayuran berwarna juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal berbagai virus yang dapat membahayakan tubuh Anda. Anda juga pastinya akan menjadi lebih berselera ketika variasi makanan Anda berubah-ubah.

3. Pilihlah ikan yang masih segar

Ikan merupakan sumber protein yang sangat bergizi bagi tubuh. Dibandingkan daging dengan ayam, ikan lebih baik untuk dikonsumsi. Bukan berarti Anda tidak boleh makan ayam dan daging. Dalam memilih ikan untuk dikonsumsi, pilihlah ikan yang masih segar. Karena rasanya cenderung akan lebih manis dan nutrisinya masih terjaga. Ciri-ciri ikan yang masih segar adalah mempunyai mata yang bening atau jernih, insang masih utuh dan berwarna merah, sirip dan ekor ikan masih dalam keadaan utuh, dagingnya kelihatan masih segar, dan kulitnya terlihat cerah dan segar tidak pucat.

4. Ganti makanan ringan dengan buah

Dari pada makan makanan ringan lebih baik Anda mengonsumsi buah. Buah-buahan yang masih segar sangat kaya akan vitamin dan juga mineral. Pastikan Anda selalu memilih buah yang masih segar atau fresh bukan yang sudah mendekati busuk. Karena terkadang orang sering salah memilih buah hanya karena matang. Matang bukan berarti masih segar, bisa jadi matang karena sudah lama di diamkan di tempat jualan. Ciri-ciri buah yang masih segar adalah warnanya cukup cerah, kulitnya masih bagus, tekstur buah masih utuh, dan aromanya masih segar dan kuat.

5. Tidak harus minum susu

Terkadang karena terlalu berpaku pada makanan 4 sehat 5 sempurna, Anda kadang malah memprioritaskan susu dalam menu utama. Padahal susu ini masih bisa diganyi dengan alternatif lain yang juga sama mengandung mineral dan kalsium yang cukup untuk tubuh. Demikian beberapa tips memilih makanan yang bergizi. Ingat makanan yang bergizi itu yang kaya akan nutrisi. Selalu terapkan pola makan makanan yang bergizi dalam kehidupan sehari-hari. Agar Anda dan keluarga terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang membahayakan tubuh anda.

Alice

Posted by Alice

minta mflah pd dirimu sendri.dn berubahlh dr dlmhati,hatimu sendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *