Perawatan Rutin Bagi Kesehatan Hewan Peliharaan

Sekarang banyak orang yang hobi memelihara hewan- hewan lucu seperti kucing, anjing, hamster, dan hewan imut lainnya. Namun merawat hewan tidak segampang kelihatannya, ada berbagai standar prosedur yang harus dilakukan untuk memastikan hewan peliharaan terbebas dari penyakit menular.  Apalagi di era sekarang hewan peliharaan cenderung mempunyai risiko lebih besar untuk tertular penyakit serius dari virus-virus berbahaya.  Merawat hewan peliharaan memang terasa menyenangkan, kita merasa mempunyai teman ngobrol yang selalu ada dan mengerti kita. Sebagai tuan yang baik tentu kita harus mampu memastikan semua kebutuhan mereka terpenuhi. Begitupun dengan kebutuhan kandang, harian sampai semua perawatan mereka. Bagi kamu yang masih baru dan masih bingung tentang langkah apa saja yang harus diambil untuk memastikan kenyamanan binatang peliharaan, tips-tips di bawah ini bisa membantumu.

  • Memfasilitasi Kandang yang layak dan bersih

Walaupun kamu suka bermain-main dengan hewan peliharaan di luar kandangnya, atau mengajak hewan peliharaan seperti kucing dan anjing tidur bersama mereka tetaplah membutuhkan satu tempat khusus untuk beristirahat. Kandang yang kamu berikan harus bersih dan luas, kebersihan kandang juga menjadi kunci kesehatan dari binatang peliharaan. Untuk hewan yang senang dengan keadaan yang lembab seperti kura-kura atau semacamnya kamu harus membersihkan kandang lebih sering. Kandang yang kotor tentu akan mengundang virus dan bakteri berbahaya bagi tubuh hewan peliharaan. Apalagi jika hewan mempunyai bulu yang lebat seperti kucing dan anjing, bisa saja bulu-bulu cantik mereka dihinggapi kutu nakal dan membuat mereka tidak nyaman. Kandang yang layak adalah kandang yang lengkap dengan ventilasi udara yang cukup bagi hewan peliharaan, juga tempat yang luas. Ingat ya, berani memelihara binatang peliharaan berarti berani bertanggung jawab atas hidup mereka juga.

  • Cek rutin kesehatan

Nah, hal satu ini sering dianggap sepele sebagian pemilik hewan peliharaan. Mereka beranggapan dengan membawa hewan peliharaan ke salon itu saja sudah cukup untuk menjaga hewan peliharaan dari penyakit, padahal hewan peliharaan yang tidak terjaga kesehatannya bisa saja menjadi media penularan virus berbahaya bagi anggota keluarga lainnya, tentu kita tidak mau anggota keluarga kita sakit semua hanya karena hewan peliharaan kita yang kita sayangi. Untuk itu lebih baik kamu juga melakukan pendampingan kesehatan ke dokter. Konsultasikan pula makanan dan minuman sehari-hari mereka. Kalau perlu kamu bisa memberinya vitamin agar stamina dan tumbuh kembang mereka tetap terjaga dengan baik serta terhindar dari virus atau penyakit berbahaya. Cek kesehatan bisa kamu lakukan selama sebulan sekali atau paling lambat dua bulan sekali saja. Membawa hewan peliharaan sebenarnya sah-sah saja, karena hewan peliharaan akan merasa dimanjakan dengan perawatan di salon.

  • Memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup

Berani mengambil keputusan untuk memelihara mereka itu berarti kamu sudah siap menanggung sisa hidup mereka bersamamu kelak. Jadi kamu harus selalu ada di sampingnya baik sat keadaan susah maupun senang, jangan hanya jadikan hewan peliharaan sebagai mainan saja atau pelarian dari rasa kesepian. Tetap ingat mereka juga makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang kita sebagai tuannya. Mereke sudah berpisah dengan keluarganya, pastinya secara insting mereka sudah terbiasa dengan kita dan menganggap kita sebagai keluarganya. Jadi jangan sampai hewan peliharaanmu terlantar tanpa adanya kasih sayang yang cukup, bisa-bisa mereka mati karena stress dan depresi.

Alice

Posted by Alice

minta mflah pd dirimu sendri.dn berubahlh dr dlmhati,hatimu sendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *